PROFIL LEMBAGA

Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) Mataram merupakan Lembaga Pendidikan di bidang penyehatan dan rekayasa lingkungan di bawah naungan Yayasan YAPMA Kota Mataram. Berdiri sejak tahun 2005 merupakan metamorfosa dari Akademi Penilik Kesehatan Teknologi Sanitasi (APK-TS) Yapma Mataram tahun 1992, kemudian Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Yapma Mataram tahun 1996.

Dalam perkembangannya STTL Mataram terus berusaha meningkatkan kualitasnya yang didukung oleh pengembangan program dan sarana prasarana,proses akademik dan kemahasiswaan serta peningkatan sumber daya manusianya.Hal ini sesuai dengan regulasi peraturan yang terus berkembang setiap saat.Untuk itu STTL Mataram memiliki visi Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi melalui pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan lingkungan (sanitasi), manajemen, dan rekayasa lingkungan, dengan mempertimbangkan kearifan lokal dalam mendukung pembangunan nasional berkelanjutan”.

Untuk mendukung visi dan misi STTL Mataram dan peningkatan performance dalam kualitas pembelajaran mahasiswa terhadap 2 program studi (Program Studi S1 Teknik Lingkungan dan Program Studi D3 Kesehatan Lingkungan) yang telah membawa STTL Mataram menuju perubahan dari AKL Mataram menjadi STTL Mataram.

Perbaikan dan pengembangan ini akan terlaksana dengan komitmen kelembagaan untuk menciptakan inovasi dan akselerasi pembelajaran di STTL Mataram, kedisiplinan dan keteraturan pelaksanaan seluruh kegiatan akademik yang dituangkan dalam pedoman akademik ini merupakan salah satu langkah ketercapaian keberhasilan suatu perencanaan.

STTL MATARAM DALAM PERKEMBANGANNYA

  1. Latar belakang berdirinya

Kehadiran STTL MATARAM pada awal berdirinya merupakan lanjutan dari Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Yapma Mataram dengan sejarah awal Akademi Penilik Kesehatan Teknologi Sanitasi (APK-TS) Yapma Mataram.

Akademi Penilik Kesehatan Teknologi Sanitasi (APK-TS) Yapma Mataram berdiri sejak tahun 1992 berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK. 00.06.1.1.463; 11 Pebruari 1992; tentang izin sementara kepada Yayasan pendidikan Mataram untuk mendirikan Akademi Penilik Kesehatan Teknologi Sanitasi (APK-TS) dalam Penyelenggaraan Program D-3 Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan.

Izin Akademi Penilik Kesehatan Teknologi Saitasi (APK-TS) Yayasan Pendidikan Mataram diperpanjang berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: DL. 02.02.1.1.957; 19 Pebruari 1994; tentang perpanjangan izin sementara kepada Yayasan Pendidikan Mataram (YAPMA) untuk menyelenggarakan Akademi Penilik Kesehatan Teknologi Sanitasi (APK-TS) dalam Penyelenggaraan Program D-3 Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan

Izin Akademi Penilik Kesehatan Teknologi Saitasi (APK-TS) Yayasan Pendidikan Mataram diperpanjang berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK. 00.06.1.1.2372; 19 Agustus 1996; tentang perpanjangan izin sementara kepada Yayasan Pendidikan Mataram (YAPMA) untuk menyelenggarakan Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) dalam Penyelenggaraan Program D-3 Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan

Pada tanggal 1 April 1999 AKL Yapma Mataram terakreditasi C berdasarkan Keputusan Kepala Pusat pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.00.06.4.3.854 tanggal 1 April 1999.

Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Yapma Mataram mendapat perpanjangan izin berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Pusat pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.00.06.1.3.3481 tanggal 18 Oktober 1999 tentang perpanjangan izin kepada Yayasan Pendidikan Mataram (YAPMA) untuk menyelenggarakan Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) dalam Penyelenggaraan Program D-3 Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan.

Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Yapma Mataram mendapat perpanjangan izin berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Pusat pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.00.06.1.2.0675 tanggal 13 Maret 2001 tentang perpanjangan izin menyelenggarakan Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Yayasan Pendidikan Mataram (YAPMA) dalam Penyelenggaraan Program D-3 Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan.

Pada tanggal 1 Mei 2001 AKL Yapma Mataram terakreditasi B berdasarkan Keputusan Kepala Pusat pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.00.06.2.4.01222 tanggal 1 Mei 2001.

Tanggal 27 September 2005 Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan terbentuk berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 138/D/O/2005 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan program Studi Teknik Lingkungan (S1) dan Perubahan Bentuk Akademi Kesehatan Lingkungan Mataram menjadi Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Mataram.

Izin Penyelenggaraan Program Studi Kesehatan Lingkungan Diploma Tiga (D-III) diperpanjang berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Kopertis Wilayah VIII Nomor; 1717/D/T/K-VIII/2009 tentang perpanjangan ulang Izin Penyelenggaraan Program Studi Kesehatan Lingkungan Diploma Tiga (D-III) pada Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram

Izin Penyelenggaraan Program Studi Teknik Lingkungan Strata Satu (S-1) diperpanjang berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Kopertis Wilayah VIII Nomor; 1716/D/T/K-VIII/2009 tentang perpanjangan ulang Izin Penyelenggaraan Program Studi Teknik Lingkungan Strata Satu (S-1) pada Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram.

Dengan demikian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan jelas merupakan lanjutan dari akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Yapma Mataram dengan menambahkan kompetensi ilmu teknik sipil basah dan kering serta planologi khususnya rekayasa perkotaan dan tata ruang.

Pada tahun 2013 kedua prodi, yaitu Prodi D3 Kesehatan Lingkungan dan prodi Teknik Lingkungan mendapat akreditasi BAN-PT dengan predikat C.

  1. Visi, Misi dan Tujuan STTL Mataram

Penyusunan visi, misi dan tujuan STTL Mataram disusun melalui proses ‘bottom-up’ dengan mekanisme sebagai berikut:

  1. Visi, misi, dan tujuan STTL Mataram terlebih dahulu dirumuskan dalam rapat internal senat akademik. Rumusan tersebut merupakan masukan dari perwakilan dosen tetap program studi, pimpinan program studi, user/stakeholders, dan tenaga kependidikan.
  2. Visi, misi, dan tujuan yang telah disetujui dalam senat akademik diajukan kepada pimpinan yayasan.
  3. Pihak yayasan bersama senat akademik STTL Mataram mengkaji semua usulan visi, misi dan tujuan tersebut, kemudian mengesahkan visi, misi dan tujuan STTL Mataram tersebut.
  4. Senat akademik STTL Mataram merekomendasikan untuk mensosialisasikan visi, misi dan tujuan yang telah disahkan kepada seluruh sivitas akademika STTL Mataram.

Visi, Misi dan tujuan STTL Mataram yang telah disyahkan oleh yayasan adalah sebagai berikut:

  1. Visi STTL Mataram

Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi melalui pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan lingkungan (sanitasi), manajemen, dan rekayasa lingkungan, dengan mempertimbangkan kearifan lokal dalam mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.

 

 

 

  1. Misi STTL Mataram

Dalam merealisasikan visinya, STTL Mataram memiliki misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang lingkungan dengan mengedepankan kearifan lokal.
  • Menyelenggarakan proses pendidikan untuk menghasilkan lulusan berkualitas, berjiwa enterpreneur yang di selaraskan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni di bidang lingkungan secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  • Menerapkan ilmu pengetahuan yang inovatif dalam menciptakan teknologi kreatif sebagai bentuk perwujudan dalam pembangunan nasional berkelanjutan.

 

  1. Tujuan STTL Mataram

Dalam merealisasikan visinya, STTL Mataram memiliki Tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang mempunyai integritas dan kemampuan di bidang lingkungan yang inovatif, kreatif, dan mampu berpikir holistik dalam mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.
  2. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan untuk kepentingan pengabdian kepada masyarakat dan bangsa.
  3. Mengembangkan kapasitas tata kelola dan sumber daya yang baik.
  4. Meningkatkan kerjasama diberbagai bidang untuk meningkatkan mutu Tridharma Perguruan Tinggi.
  5. Mengembangkan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal baik akademik maupun non akademik agar menghasilkan sistem pendidikan yang berkualitas.
  6. Meningkatkan citra Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan di masyarakat, kalangan perguruan tinggi, dunia usaha, dan pemerintah.
  7. Nilai-nilai dasar STTL Mataram

STTL Mataram menyadari bahwa visi dan misi dapat terwujud apabila didukung dengan penerapan nilai yang sesuai dan mendukung upaya-upaya pelaksanaan misidanpencapaianvisi.Tatanilaijugaakanmenyatukanhatidanpikiranseluruh komponenSTTL Mataramdalammenjalankantugasmasing-masing.Tatanilaiyang dimaksud, yaitu:

 

TATA SEJUTA merupakan singkatan dari:

 

  1. TA (TAAT)
  2. TA (TAQWA)
  3. SE (SETIA)
  4. JU (JUJUR)
  5. TA (TANGGUNGJAWAB)

Nilai tersebut menrupakan acuan atau pedoman berinteraksi bagi seluruh sivitas akademika dalam mengembangkan suasana akademis atau proses belajar mengajar yang kondusif untuk mencapai tujuan secara optimal.

 

Selanjutnya tata nilai tersebut diejawantahkan dalam praktek perilaku sebagai berikut:

  1. Amanah, kepemimpinan berlandaskanperilaku jujur dan dapat diperc
  2. Kebersamaan, bekerjasama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki untuk mewujudkan visi STTL Mataram.
  3. Komunikatif, saling menyampaikan pesan, ide dan gagasan untuk kemajuanSTTL Mataram.
  4. Transparan, keterbukaan dalam melakukansegalakegiatantermasuk informasi, komunikasi dan keuangan.
  5. Partisipatif, mengedepankan keterlibatan semua komponen dalam segala tahapan kebijakan, mulai dari perencanaan, pengambilan keputusan hingga penilaian keputusan, termasuk juga peluang untukikut serta dalam pelaksanaan keputusan.
  6. Berkeadilan, memperlakukan semua pihak dalam posisi yang proporsional tanpa dilandasi kepentingan.
  7. Akuntabel, melaksanakan pengelolaan sesuai ketentuan yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.